Senin, 04 Januari 2021

Apakah ngeblog masih menguntungkan untuk di tekuni di tahun 2021




Bagi seorang blogger yang baru ingin memulai blognya biasanya menanyakan apakah masih bisa mendapat penghasilan yang besar dari ngeblog.

Wajar saja, masih banyak orang di negri ini yang melihat keuntungan sebelum melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan manfaat untuk masa depan.




Pemicu terbanyak lahirnya seorang bloger (Penulis blog) adalah cuan. Mulanya senior blogger yang sudah mulai ngeblog 10 tahun yang lalu membagikan pengalamanya mendapatkan uang dari blog. 


Penghasilan yang mereka dapatkan dari iklan saja bisa mengalahkan pegawai negri.

Karna melihat mereka yang terlihat nganggur tapi bisa hidup sangat layak, banyak yang terinspirasi untuk membuat blog. 



Pada tahun 2012 – 2014 sangat banyak orang yang sukses menjadi bloger hanya menggunakan platform blogger.com . Salah satu dari mereka adalah guru saya yang memgajari saya ngeblog, meski kala itu saya tidak punya ilmu untuk di bagikan namun selalu saja ada solusi.

Mulai tahun 2016 sampai 2018 para wordpres mulai terkenal di kalangan blogger dan mulai banyak di gunakan. Katanya agar terlihat lebih professional. 

Pada tahun tahun tersebut sudah terlahir banyak sekali blogger sehingga saingan sangat ketat di berbagai niche. 

Berbeda di tahun tahun sebelumnya, tulisan sangat mudah untuk masuk di urutan pertama Google.

Di tahun ini, banyak orang orang yang punya modal besar masuk ke dunia blogging. Mereka dengan mudah menyewa penulis penulis professional juga ahli IT untuk menggarap website mereka. 

Dengan modal yang besar tentunya mudah untuk bersaing melawan bloger bloger kecil. Artikel di website mereka dengan mudah mendapat peringkat 1 di berbagai search engine.

Bloger senior saja banyak yang tergusur oleh situs situs besar, lalu bagaimana dengan pemula yang baru saja mau memulai blognya? Apakah masih bisa menguntungkan? 

Meskipun bisa kita perlu untuk menyusun ulang strategi agar bisa bersaing. Jangan menyerah, Karna masih banyak sumber trafik selain search engine yang lebih efektif untuk mendatangkan visitor (Saya bagikan di buku saya “Blog Mastery”).

Jika kamu masih bertanya “ Apakah bloger pemula masih bisa bersaing di tahun ini?” . Jalas jawabanya adalah masih. Kamu tidak perlu ragu dan jangan pernah takut untuk bersaing. 

Jika ingin berhasil di tahun tahun ini tentunya kita harus mau terus belajar dan beradaptasi dengan setiap situasi.

Pada thread ini saya ingin mengajak pembaca untuk mengetahui apa saja keuntungan yang bisa di ambil jika kita membuat blog di tahun 2021. 

Sebelumnya perlu kita ketahui 3 motivasi ngeblog pada umumnya.

  1. Mendapat kebahagiaan dari nulis
  2. Mendapat kebanggaan menginspirasi orang lain.
  3. Mendapat keuntungan dari bisnis online.




1. Mendapat kebahagiaan dari nulis.


Beberapa orang memang merasa bahagia dengan melakukan sesuatu yang di sukai. 

Misal orang suka mancing, maka dia akan bahagia saat mancing dan selalu menyempatkan waktu untuk mancing. 

Terkadang apa yang kita sukai melelahkan, namun kita bisa menikmati rasa lelah jika menjalaninya dengan senang hati.

Begitu juga dengann kegiatan menulis, orang yang sudah terlanjur suka menulis akan menyempatkan waktunya untuk menulis di sela sela kesibukanya. 

Ada juga yang menggunakan waktunya untuk menjadi penulis fulltime, baik bekerja di perusahaan atau independent seperti saya ini, hehe.

Cobalah satu pekerjaan, jika kamu menyukainya pasti akan melakukanya lagi dan terus melakukanya tanpa bosan. 

Sebelumnya saya tidak bisa menulis sama sekali, setelah saya coba menulis tanpa mencontek rasanya sangat menyenangkan. Sampai saat ini saya ketagihan menulis.

Motivasi yang saya dapat pertamakali untuk nulis bukanlah karna suka nulis. 

Justru saya menulis setiap tulisan di blog ini karna ingin mencetak penulis baru yang ahli di bidangnya masing masing. 

Tujuanya untuk membantu mereka yang belajar secara otodidak agar mendapat ilmu secara gratis/berbiaya lebih murah daripada mengikuti pendidikan formal.

Setelah di jalani selama kurang dari 1 tahun ini, saya merasa bahwa pekerjaan ini sangat menyenangkan. 

Sampai saya harus sempatkan waktu untuk menulis 1000kata per hari karna sangat menyenangkan. Meskipun setelah menulis hanya akan di buang begitu saja. 

Intinya meluapkan kata kata dalam tulisan itu sangat menyenangkan.



Bagi orang yang suka nulis, tidak harus mempublikasikan tulisan untuk merasa senang. Tidak harus mendapatkan keuntungan untuk mulai menulis. 

Tidak butuh punjian untuk mulai menulis. Memang sejatinya hati ini sudah ingin menulis.

Nah, bagi kamu yang memang sudah suka nulis, 2021 ini cocok untuk mulai ngeblog. Karna kamu akan merasakan kebahagiaanmu sendiri dengan menulis. 

Apapun yang kamu tulis. Entah itu cerita pribadi, pengetahuan, atau tutorial. Dan yang paling menyenangkan adalah belajar hal yang bermanfaat kemudian menulisnya.

Mungkin dari sekian pembaca banyak yang tidak suka menulis. Tenang saja karna masih ada 2 motivasi untuk mulai ngeblog selain suka nulis. 

Wajar jika kita tidak bisa langsung munyukai suatu pekerjaan. Coba kita simak 2 motivasi lainya. Jangan bosan 

Saya sendiri yang masih pemula dalam menulis baru kecanduan menulis pada tahun 2020 atau tahun kemarin. 

Ilmu pengetahuan saya masih sangat minim, untuk itu saya mengajak anda yang sudah master, berpendidikan, dan punya lebih banyak pengalaman untuk mulai ngeblog.



2. Mendapat kebanggaan dari menginspirasi orang lain


Mengapa seorang blogger mendapat kebanggaan? Ya, karena mereka sudah membagikan ilmunya secara Cuma Cuma serta menginspirasi orang lain untuk berkarya. 

Saya akan sebutkan beberapa contoh kasus untuk kamu.

Ada seorang bloger yang menulis tentang jamu dan pengobatan tradisional lalu di kunjungi oleh banyak orang. Mereka mulai belajar membuat jamu dari blog tersebut. Setelah berhasil mereka membuat usaha jamu secara mandiri. Bisnis mereka mulai besar dan bercabang cabang.

Kasus diatas adalah contoh sederhana manfaat blog. Orang lain bisa terinspirasi dan dan menjadi sukses karna tulisan kamu yang bermanfaat. Saya sebutkan 1 contoh lagi di bidang yang lain.

Semisal kamu seorang programer menulis artikel tentang step by step menjadi programmer. Kemudian ada seorang yang belajar secara otodidak di blog tersebut. Suatu saat kemudian seorang tersebut membuat aplikasi yang berguna untuk banyak orang dan menjadi kaya. Setelah itu dia akan mudah mendapat pekerjaan.

Jika dulu orang harus membeli buku mahal untuk belajar, maka sekarang mereka tinggal googling. Dengan percepatan informasi seperti sekarang ini dapat mempercepat kemajuan di negri kita. 

Kita juga bisa menjual tulisan kita secara mandiri lewat ebook, jadi tidak perlu kawatir tidak di terbitkan oleh penerbit.



Bagi saya pribadi kebanggaan menginspirasi orang lain lebih bernilai daripada cuan yang di dapat dari adsense. Lebih bernilai dari pendapatan afiliasi dan bisnis online lainya.

Bayangkan, Jika 100 pembaca blog saya bisa mendapatkan 3juta perbulan dari blognya. Artinya mereka semua mendapat 300juta dan saya sudah merasa senang. Rasanya seperti saya mendapat 300 juta perbulan meski uangnya bukan untuk saya. Saya berjuang untuk itu.

Atau jika saya menulis materi tentang desain. Lalu ada 100 pembaca yang menjadi desainer grafis karna ilmu yang saya bagikan. Dengan itu mereka bisa mendapat pekerjaan yang layak. Tentu saya sangat senang dengan hal tersebut.

Sekarang, Bayangkan jika kamu menulis tentang bidang ilmu yang kamu sukai, Misal : Budidaya ikan air tawar. Seperti biasa, Ada ribuan pembaca yang mengunjungi blog anda dan mulai budidaya ikan air tawar. Silahkan rasakan sendiri bangganya.

Apabila saya sebutkan contoh pada semua bidang, tentunya akan sangat panjang. Mungkin bisa di terbitkan dalam bentuk buku. Karna di dunia ini isinya manusia yang bermacam macam, Punya ilmu dan sudut pandangnya masing masing.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa blog masih sangat menguntungkan di tekuni di tahun 2020. Jika kita tidak bisa mendapat penghasilan berupa uang, mungkin masih bisa mendapat keuntungan berupa pahala dan teman baru untuk lebih maju.



Mendapat keuntungan cuan dari bisnis online


Ngeblog sangat memungkinkan kamu mendapat keuntungan dari berbagai macam bisnis. 

Pada dasarnya bisnis online sama seperti bisnis pada umumnya, hanya saja transaksinya dilakukan secara virtual kemudian di realisasikan.

Untuk mulai bisnis di blog tentunya kamu perlu tau apa itu bisnis, dan bisnis apa saja yang bisa di lakukan dengan blog. 

Blog bisa memungkinkan kita melakukan banyak bisnis diantaranya : Pasang iklan, Jualan barang dll, Afiliasi, dan menawarkan jasa dibidang keahlianmu.

Contoh bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal adalah memasang iklan. Saya senndiri memasang iklan dari google adsense di blog ini, Mohon di maklumi, karna saya tidak memungut biaya dari pembaca. 

Meski tidak mengeluarkan modal berupa uang, kita juga butuh biaya hidup sehari hari. 

Untuk itu kamu yang mau memulai blog sebaiknya menyiapkan cukup bekal untuk hidup sehari hari. 

Jika beban hidupmu masih menjadi tanggung jawab orang tua, ini adalah waktu yang tepat untuk memulai. Karna jika sudah memikul beban sendiri akan sulit meluangkan waktu untuk menulis. ( walah, saya jadi nulis tips :’) kalo sudah terlanjur males hapus )

Selanjutnya, jika kamu tidak suka memasang iklan di blog bisa juga menggunakan hak akses premium kepada pembaca. Dalam kasus ini kamu memungut beberapa uang dari pembaca, dan hanya mengijinkan orang yang membayar untuk membaca.



Contoh website yang memungut biaya langganan pada pembacanya adalah medium. Medium.com memungut sekitar $5 USD perbulan kepada pembacanya. 

Sebagai gantinya pembaca akan di suguhkan konten yang berkualitas dari penulis yang ahli. Selain itu, konten di tampilkan dengan rapid an bersih dari iklan yang mengganggu.

Kamu tidak bisa membuat blog seperti medium.com sendirian. Diperlukan banyak penulis yang pro untuk membuat konten setiap hari dan tim maintenance website yang kompeten. 

Ada solusi lain buat kamu yang ingin berbisnis dengan pembaca. Misal : Buka kursus online atau kelas online (Berbayar) yang mengajarkan bidang ilmu yang kamu kuasai. Pembaca cukup bayar sekali saja untuk dapat konten yang kamu buat.

Bayangkan jika ada 1000 orang perbulan yang mendaftar kelas yang kamu buka. Katakanlah kamu membandrol harga 175 ribu rupiah per peserta. Kamu sudah bisa mendapat cuan sebesar 175 juta perbulan. 

Jika kamu sudah berani membuka kelas, tentunya kamu juga butuh tim yang kompeten. Karna kamu bertanggung jawab untuk mensukseskan siswa siswa yang kamu bina. 

Minimal kamu memastikan bahwa siswa sudah menguasai ilmu yang diajarkan setelah kelas selesai.

Apakah mungkin membuka kelas tanpa tim? Saat kamu tidak punya cukup modal di awal, tentunya tidak memungkinkan untuk membayar tim. Dan kamu juga perlu membatasi kuota peserta sesuai dengan kapasitasmu. 

Misal hanya menerima 20 siswa perbulan. Kamu tinggal menaikan biaya kelasnya menjadi 400ribu rupiah per peserta sehingga kamu dapat 8 juta perbulan. Dilakukan  dengan kerja keras tentunya.



Mengenai gambaran membuka kursus online ini saya berikan contoh pada artikel kusus. Baca juga :

@ ( Cara membuka kelas online sendiri dari rumah)
@ ( Langkah praktis membuka sekolah online yang professional )

Semoga 2 artikel diatas bisa memberi gambaran buat kamu yang ingin membuat kelas online pada bidang keahlianmu. 

Artikel kedua bisa di jadikan refrensi untuk kamu yang nggak punya keahlian tertentu namun ingin membuka kelas di berbagai bidang.

Selanjutnya, masih ada bisnis lainya yang belum kita bahas. Perihal bisnis seperti online marketing, afiliasi, jasa dan lainya akan panjang jika di bahas disini semua. 

Intinya, ngeblog masih menguntungkan di tahun 2020. Jangan takut dengan pesaing yang sudah mulai duluan dan mendapat rangking di google serta search engine lainya. Krna kamu masih bisa mempromosikan blogmu di social media, komunitas, dan menggunakan iklan berbayar.

Berapa keuntungan ngeblog? Disini kita bicara tentang hasil dalam bentuk uang. Ngeblog memungkinkan kamu mendapat uang ratusan juta dan memungkinkan kamu tidak dapat apa apa. 

Menulis artikel bukanlah hal yang enteng. Mempublikasikan blog agar dikunjungi jutaan orang juga tindakan yang perlu lakukan. Jika ingin menulis artikel menjadi enteng silahkan berlatih agar kuat dan jika ingin blog di kunjungi banyak orang lakukan hal yang perlu di lakukan.

Masih mengalami kebingungan untuk mulai ngeblog? Saya tuliskan buku BLOG MASTERY yang bisa kamu akses secara GRATIS. 

Silahkan klik bukunya dan pelajari. Disana saya menuliskan bagaimana seorang blogger biasa bisa mendapat ratusan juta per bulan.

Hormat saya, 

💯

Bangkit Adi Suhardi

Hosting Unlimited Indonesia