Jumat, 11 September 2020

Overthinking

diiib - beberapa bulan tidak update karna overthinking sehingga lupa kalo saya punya blog ini. Beberapa hari lalu blog ini sempet saya kunci karna pengunjungnya banyak sedangkan artikelnya banyak yang belum jadi. Dan hari ini saya sudah ready untuk melanjutkan blog ini.

Pada Artikel ini saya akan mengupas kasus overthinking yang banyak orang alami, termasuk saya sendiri.

Overthinking

Kita akan mulai pembahasan dari pengertian, dampak positif & negatif dan contoh kasus. Serta di tutup dengan solusi praktis untuk mengakhiri berlebihan dalam berfikir.

Pengertian overthinking.


Overthinking adalah berlebihan dalam memikirkan sesuatu  yang sering terjadi sebelum mengambil keputusan untuk bertindak. 

kita perlu seragam dalam memahami overthinking untuk melanjutkan pembahasan agar tidak salah paham. 

Yang terjadi saat kamu mengalami overthinking adalah terus memikirkan sesuatu yang anda rencanakan. Banyak pilihan yang kamu pikirkan sampai kamu lelah sendiri tanpa melakukan sesuatu. Hanya diam dan memikirkan pilihan.

Dengan kata lain overthinking bisa di artikan memikirkan sesuatu terus menerus dalam waktu yang lama sehingga memicu rasa yang berat di kepala di Sertai rasa cemas yang tak menentu sehingga hanya menghabiskan waktunya untuk berfikir tanpa melakukan sesuatu yang berarti.


Bagaimana ini?

Apa yang harus ku lakukan?

Nanti kalo begini Gimana?

Kenapa begini?

Aku harus ngapain?

Pertanyaan yang sama dengan jawaban yang sama terfikir secara berulang ulang mengalir didalam kepala. Sampai menimbulkan rasa pusing, stuck , buntu, mumet amburadul.

Terus berfikir tanpa melakukan tindakan apapun.

Dampak Positif overthinking setelah sadar itu tidak baik.


  • Overthinking merupakan pengalaman yang berharga untuk tidak di ulang kembali. Tentu sangat bermanfaat sebagai pelajaran untuk mengembangkan diri.
  • Overthinking merupakan fase dalam kehidupan manusia. Orang lain pasti juga dihadapkan dengan overthinking oleh takdir. Hal ini berguna bagi kita yang ingin menyelamatkan orang lain agar tidak tersesat terlalu jauh.
  • Menaikkan level kedewasaan ketika sudah melalui masa ini.
  • Menjadi lebih bijak dalam merencakan sesuatu setelah melalui fase ini.

Dampak negatif overthinking jika terus di biarkan.


  • Menurunkan kesehatan fisik dan mental. Beresiko stress, kehilangan nafsu makan, sulit tidur. Gangguan kesehatan mental banyak di picu oleh overthinking di awalnya, selain emosi rasa cemas.
  • Dapat menurunkan kondisi finansial. Jika anda profesional maka akan menghambat pekerjaan. Jika anda karyawan akan memperburuk etos kerja. Ketika overthinking kamu akan merasa sulit mengerjakan apapun.
  • Mengganggu hubungan sosial. Karna orang yang overthinking cenderung akan berfikir sendiri bahkan jika sedang berada dalam keramaian.
  • Merusak masa depan. Jika kesehatan mental, finansial dan hubungan sosial rusak maka secara otomatis masa depan juga rusak jika tidak segera di perbaiki.
  • Kehilangan minat untuk hidup, mengejar mimpi dan mencari kebanggaan. Jika di biarkan terlalu lama hal ini mungkin terjadi.

Overthinking saat pubertas.


Kasus ini banyak di alami remaja yang mulai memasuki masa pubertas. Kadang seseorang terlalu banyak berfikir sampai lupa waktu karna terlalu lama melamun.

Pubertas merupakan fase hidup ketika seseorang sudah mulai berhasrat kepada lawan jenis. 

Overthinking karna tugas dari sekolah atau kuliah.

Tugas dari sekolah atau kuliah yang dianggap sulit dapat menyebabkan overthinking. Hal ini biasanya di sebabkan karna seseorang belum menguasai materi yang di tugaskan.

Overthinking karna ga punya uang.

Ga punya uang bisa di bilang masalah yang berat bagi orang yang belum bisa mandiri dalam menjalani hidup sehingga menyebabkan overthinking kalo lagi ga punya uang.

Overthinking karna pekerjaan sulit.

Bagi pekerja lepas yang berpengalaman mungkin sudah biasa di hadapkan dengan pekerjaan sulit. Bagi pemula yang di hadapkan dengan pekerjaan sulit akan membuatnya kesulitan hingga overthinking.

Overthinking karna omongan orang.


Overthinking karna konspirasi.

Overthinking karna gapunya kerjaan.

Overthinking karna selalu di tolak.

Overthinking karna masalah hidup yang rumit.

Solusi praktis untuk mengakhiri kebiasaan overthinking.


1. Pelajari mindset yang baik

Pahami bahwa hidup ini memang untuk menghadapi masalah. Cukup pelajari polanya dan hadapi saja. Yakin kita bisa menghadapi setiap ujian dan lulus dengan nilai yang baik.

2. Buat " to do list "

To do list merupakan list apa yang akan di kerjakan. Dengan menulis apa yang akan kamu kerjakan hari ini atau besok, kamu bisa langsung mengerjakan hal tersebut tanpa harus banyak berfikir.

3. Olah raga setiap hari

Dengan olah raga yang teratur kamu akan mendapatkan kondisi tubuh yang prima. Dengan kondisi tubuh yang prima kamu bisa berfikir lebih solutip dan bijaksana.

4. Selalu berprasangka baik



5. Pelajari penyelesaian masalah yang dihadapi.



6. Cukup istirahat







Add Comments


EmoticonEmoticon