Kamis, 07 Mei 2020

Panduan lengkap menulis artikel yang baik, berkualitas dan SEO Friendly



Artikel adalah karya tulis singkat yang berkisar antara 300 sampai 2000 kata, membahas suatu topik tertentu, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, ilmu pengetahuan, opini dan sejenisnya yang di muat di media seperti majalah, website, koran dan sejenisnya.

Cara Menulis Artikel
Panduan menulis


Menulis artikel merupakan kegiatan yang menyenangkan. Cara menulis artikel sangat mudah di pelajari. Seiring dengan berjalanya waktu kamu akan merasa mudah untuk menulis artikel.

Skill menulis artikel sangat berguna bagi siapapun, tak peduli apapun profesinya. Penulis artikel berkualitas banyak di butuhkan seseorang dan perusahaan. Kamu bisa mendapat bayaran mahal dengan menulis artikel. Saat kamu sudah mahir, kamu bisa bergabung di situs freelance untuk mendapat penghasilan tambahan atau membuat blog sendiri.

Silahkan Fokus satu jam kedepan, untuk mengetahui cara menulis artikel yang bagus atau berkualitas.

Bagaimana cara membuat artikel secara umum?


Berikut langkah langkahnya :

Pertama, tentukan judul artikel.

Judul artikel diambil dari Niche atau topik yang kamu pakai. Saat kamu sudah menentukan judul, akan dengan mudah bisa menulis isinya, bahkan jika kamu ga tau apa apa pun tetap bisa.

Ide menemukan judul artikel berasal dari topik yang kamu bawa di blog. Hal hal penting seperti ilmu pengetahuan, tips, tutorial, bisa di jadikan judul.

Tips membuat judul Artikel :


  • Pahami Niche yang kamu pakai.
  • Catat hal hal penting di dalam Niche.
  • Pahami apa yang di butuhkan pembaca. Kamu bisa melakukan survey di keyword planner.
  • Belajar dari pengalaman, apa yang kamu butuhkan atau solusi yang kamu pakai di masa lalu mungkin di butuhkan orang lain juga.
  • Judul bisa di dapat dari : " apa yang kamu cari di google ketika ada pertanyaan ". Hal tersebut memiliki kemungkinan di cari orang lain juga.

Kedua, Tulis pertanyaan terkait dengan judul

kamu bisa menulis daftar list dengan pertanyaan tertentu. hal ini akan memudahkan kamu dalam menulis isi artikel.

Gunakan 5W+1H untuk menentukan sudut pandang tulisan. Pertanyaan yang kamu buat sangat membantu memudahkan saat menulis.

Setelah pertanyaan terkumpul, jawab dalam sebuah tulisan. Jika tidak tau kamu bisa pelajari dulu di buku, narasumber atau cari di internet.

Misal saya mebuat artikel berjudul " Cara berternak ayam petelur di lahan sempit ". Maka isi artikelnya akan saya susun dengan jawaban dari pertanyaan berikut :


  • Apa itu ayam petelur?
  • Kenapa beternak ayam petelur?
  • Apa yang di butuhkan untuk beternak ayam petelur?
  • Bagaimana cara memelihara ayam petelur?
  • Dimana membeli peralatan dan perlengkapan beternak ayam petelur?
  • Berapa keuntungan beternak ayam petelur?
Jawaban dari pertanyaan diatas sangat cukup untuk membuat sebuah artikel. Disini kamu dianjurkan untuk bertanggung jawab atas kredibilitas jawaban yang kamu dapat. Usahakan cari narasumber yang terpercaya dan cantumkan narasumber supaya kamu tidak menanggung beban tanggung jawab yang terlalu besar.



Ketiga, Kumpulkan informasi jawaban dari pertanyaan diatas

Informasi bisa di dapat dari pengalaman pribadi, Narasumber, buku, dan bisa di cari di internet dengan google. Kamu bisa mencantumkan sumber informasi jika di perlukan.

Yang perlu di perhatikan saat mengumpulkan jawaban :


  • Jawab secara langsung jika kamu sudah tau ilmunya dan berpengalaman atas topik yang dibawa.
  • Tanyakan kepada ahlinya jika kamu tidak tahu. Cari narasumber lokal yang beneran ahli di bidangnya.
  • Kamu bisa cari di Google, atau search engine yang ada di browser internet kamu. 
  • Pastikan sumber memiliki kredibilitas dan legitimasi. Sehingga artikel anda tidak menyesatkan pembaca.
  • Tulis jawaban sebagai informasi yang valid dan bisa bermanfaat bagi yang mencari informasi tersebut.
  • Kamu bertanggung jawab atas jawaban yang kamu tulis. Jika kamu menulis dengan ngawur kamu bisa menyesatkan banyak orang dan merugikan masyarakat.


Tulis satu persatu jawaban dari pertanyaan yang ada. Setelah kamu yakin informasi yang kamu dapat valid dan berguna bagi orang lain kamu bisa menyusunnya menjad sebuah artikel

Keempat, Tulis jawaban tersebut menjadi sebuah artikel

Jawaban yang sudah di kumpulkan segera di tulis dalam satu teks atau file. Kemudian di susun lagi supaya lebih enak di baca.

Tugas penulis disini adalah menentukan informasi apa yang pertu di tulis di awal dan informasi apa yang di tulis di tengah atau akhir artikel.

Tulisan yang di tulis di awal adalah tulisan yang memotivasi pembaca untuk meneruskan membaca sampai akhir. Bisa juga menggunakan kata kata yang membuat pembaca penasaran sehingga tertantang untuk mencari jawaban lebih.



Kelima, Revisi dan tambahkan tips

Merevisi tulisan sendiri sebelum di publikasi itu penting. Supaya kita tidak malu jika ternyata banyak kesalahan dalam tulisan kita.

Beriku langkah langkahnya :

  • Baca ulang artikel kamu dari awal sampai akhir.
  • Sederhanakan bahasa yang rumit sehingga mudah di pahami pembaca.
  • Pastikan tidak ada tulisan yang typo.
  • Tambahkan informasi tambahan yang berguna.
  • Pastikan informasi yang kamu tulis sudah lengkap, tidak membingungkan pembaca.


Bagaimana cara menulis artikel dengan teks ?

Jenis artikel ini bisa di bilang tanpa basa basi, memuat informasi yang singkat, padat dan ilmiah. Biasanya hanya berkisar 200 sampai 1000 kata dalam satu artikel. Bahasa yang di gunakan cenderung baku.

Berikut bentuk bentuk teks artikel :


  1. Artikel prosedur
  2. Artikel 
  3. Artikel
  4. Artikel
  5. Artikel
  6. Artikel
  7. Artikel
1. Artikel prosedur

Artikel prosedur adalah artikel yang di susun dengan struktur teks prosedur. Cara membuatnya sama dengan teks prosedur. 

2. Artikel

Artikel

3. Artikel

Artikel

4. Artikel

Artikel

5. Artikel

Artikel


Bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly?

Artikel yang SEO friendly membantu meningkatkan jumlah pengunjung situ secara alami. Tanpa keluar biaya iklan pun artikel kamu bisa di baca banyak orang.

Dengan mengikuti panduan di atas sebenarnya kamu sudah menulis artikel yang SEO friendly. Jika tidak memiliki pesaing memungkinkan artikelku berada di rangking satu pada list pencarian google dan sejenisnya.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan :


  • Gunakan judul yang mungkin akan di cari orang lain. Cukup yang mungkin, tidak perlu yang sering di cari atau yang lagi trend, karna kamu akan punya banyak pesaing. Keunikan itu perlu di jaga. Jika terpaksa memakai judul yang lagi ngetrend, kamu cuma perlu buat konten yang lebih berkualitas dari yang lain dengan info yang lebih lengkap atau bahasa yang lebih baik.
  • Tambahkan properties Pada gambar sesuai dengan keyword. Misal judul artikel Ayam petelur. Maka ubah nama gambar menjadi ayam-petelur.jpg dan tambahkan title-text dan alt-text ayam petelur pada editor html gambar. 
  • Tulis keyword di awal paragraf dan beri bold. Misal judul artikel cara beternak ayam petelur hingga sukses. Paragraf pertama bisa di tulis " Ayam petelur merupakan BLA BLA BLA BLA . Juga bisa memberi bold pada setiap keyword jika itu dirasa tidak mengganggu.
  • Susun Artikel yang human friendly. Tulis artikel yang rapi, tersusun dengan baik sehingga mudah di pahami pembaca. Feedback dari pembaca memiliki peran dalam meningkatkan atau mempertahankan rangking di search engine.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi rangking situs atau artikel di search engine. Jika kamu sudah mempraktekan panduan di atas dan belum bisa muncul teratas di google, itu hal yang wajar. Karna di luar sana banyak yang melakukan hal yang sama untuk bersaing.