Sabtu, 18 April 2020

Strategi mendatangkan jutaan pengunjung blog

Mendatangkan jutaan pengunjung blog bisa kita usahakan saat blog sudah layak untuk di publikasikan. Kelayakan blog ini sangat penting, sudah di bahas di bab sebelumnya " mendiagnosa kelayakan blog sebelum di publikasi " . Selain konten yang berkualitas, kita juga butuh strategi yang efektif untuk mendatangkan jutaan pengunjung. Lets begun!

Blog Mastery By diiib

Pengunjung blog bisa datang secara alami melalui mesin pencari seperti google, Bing, Yahoo dll. Blog yang layak biasanya bisa mendatangkan puluhan hingga ratusan ribu perhari. Data tersebut saya ambil dari pengalaman pribadi dan beberapa blogger yang membagikan trafik blognya di sosial media, ada juga yang cerita secara langsung.

Salah satu sebab trafik alami membludak adalah seberapa lama usia blog. Saya sendiri pernah membuat blog yang nggak berkualitas sama sekali, acak Adul. Di blog tersebut ada puluhan artikel catatan pelajaran dan beberapa tutorial ringan. Saya gak nyangka penginjungnya tembus 15 ribu per hari. Blog tersebut saya buat di tahun 2014 dan saya hapus di tahun 2018 karna alasan privasi dan tidak layak 🤣.

Padahal blog tersebut masih dot Blogspot dot com dan tak pernah di bagikan si sosmed manapun. Nggak nyangka banyak yang kepo. Jangan tanyakan penghasilan blog tersebut berapa? Jawabanya NOL, karna tidak dimonetasi karna saya lupa kalo pernah punya blog tersebut 🤣

Setiap kali membuat blog saya merasa kurang bersemangat karna tidak ada pengunjung sama sekali. Bertahan sampai puluhan artikel terbuat tapi nggak ada pengunjung sama sekali bahkan setelah di bagikan di sosmed dll. Tetep pengunjungnya nggak ada. Tapi setelah di tinggal lama justru blog memilili banyak pengunjung tanpa kita sadari dan tanpa kita harapkan.

So, jangan panik jika pengunjung blog kamu nol setiap hari saat awal membuat. Karna hal tersebut wajar untuk blog baru. Justru bagus tidak ada pengunjung jika blog masih baru, itu memberi waktu untuk kita memperbaiki kualitas blog dan menambah banyak artikel yang bermanfaat.

Tanpa strategi publikasi yang bagus, blog yang berkualitas hanya seperti buku bagus tapi tidak pernah di terbitkan.

Memang ada beberapa kasus, blog yang sangat berkualitas justru tidak memiliki pengunjung yang banyak. Hal tersebut mungkin di karenakan pemilik blog tidak aktif dalap proses publikasi seperti membagikan di sosmed, melakukan optimasi mesin pencari, dan lain sebagainya. Selain itu blognya juga punya pesaing dengan topik yang sama dan pemilik blog yang aktif dalam proses publikasi.

Kamu bisa mendapat pengunjung yang banyak secara alami jika melakukam optimasi search engine di awal dan hanya memiliki sedikit pesaing dengan topik yang sama. Jika kamu membuat blog dengan topik sesuai bidangmu dan memiliki banyak pesaing, kamu cuma perlu melakukan upaya yang lebih agar mendapat rangking di mesin pencarian seperti google, Bing, Yahoo dan kawan kawanya.

Setelah ini kita akan bahas strategi mendatangkan jutaan pengunjung blog. Jika setiap langkah dilakukan dengan sungguh sungguh saya yakin Anda akan berhasil.

Berbagi dengan teman satu komunitas 

Komunitas merupakan perkumpulan makhluk dengan kesenangan yang sama di bidang tertentu. Jika di tinjau dari aspek kesamaan, tentu saja orang orang dalam satu komunitas memiliki kebutuhan yang sama, baik itu kebutuhan ilmu maupun kebutuhan produk dan konsumsi.

Sebagai mana iklan, kita juga butuh audience yang relevan dangan topik yang kita tulis.

Add Comments


EmoticonEmoticon