Rabu, 01 April 2020

Kenapa saya ngeblog? Begini ceritanya

Ngeblog adalah gabungan dari kata nge dan blog yang berarti melakukan kegiatan menulis lalu mempublikasinya via web. Kegiatan intinya adalah menulis, berbagi melalui tulisan yang juga bisa meringankan beban pikiran serta bisa bermanfaat bagi pembaca.


Blog Mastery By diiib

Saya pengen ngeblog sebenarnya sejak tahun 2012. Kala itu saya masih terlalu muda, belum memiliki pengetahuan apalagi pengalaman. Setiap kali saya mencoba untuk membuat blog pasti berhenti di tengah jalan karna minimnya pengetahuan dan skill menulis. Sejak 2012 setidaknya saya membuat satu blog setiap bulan. Kadang sampai lupa email dan pasword. Kala itu saya sangat kagum karna tulisan saya bisa di baca dari manapun hanya dengan buka browser. Saya tidak pernah berfikir bahwa ngeblog bisa mendatangkan penghasilan. Rasanya nikmat saja bisa menulis meski harus mengeluarkan biaya untuk ke warnet, waktu itu masih menggunakan uang jajan dari orang tua.

Pada tahun 2014 ketika saya masuk smk, saya mulai belajar lagi soal blog. Kala itu saya membaca digrup FB , bahwa ngeblog bisa mendapatkan penghasilan. Saya mulai semangat karna uang jajan juga sedikit. Kala itu yang saya tau sumber pendapatan blogger berasal dari short link yang di membayar 2 dollar setiap seribu klik dan Adsense. Lalu saya coba buat blog download film dan mp3, tapi tidak pernah membuahkan hasil. Saya juga coba buat blog tutorial kemudian mendaftarkanya ke Adsense, namun tak pernah di terima ketika mendaftar. it's okay, saya kira saya cuma buang buang waktu. Setidaknya saya merasa senang saat menulis. Saya menyerah kemudian menulis cerita cerita pribadi di kertas HVS.

Di tahun 2016, saya ingin ngeblog lagi tanpa memikirkan pendapatan. Saya membeli domain .com tiga tahun aktif 2016 - 2019 dari hasil nabung 🤣 sampai rela relain gak jajan dan sangat berhemat dalam segala lini, ke sekolah naik sepeda genjot biar ga beli bensin wkwk. Sampai segitunya... Dari blog tersebut saya tidak mendapat apa apa, hanya untuk bersenang senang dan mencoba coba. Dari situ saya dapat ilmu dan pengalaman sehingga berani membuka jasa pembuatan website dan blog pada tahun 2017 awal.

Sebelum lulus sekolah saya bingung mau kerja apa dengan skill yang minim. Sebelum ujian sekolah saya mendapat surat dari google yang isinya pin untuk Adsense. Saya juga nggak nyangka ini pin untuk akun Adsense saya yang mana? Padahal email saya terbilang banyak kala itu. Saya login email saya satu persatu dan menemukan akun Adsense yang terhubung ke YouTube. Setelah saya lihat channelnya ternyata sudah ada view 2 juta lebih pada video yang saya upload. Gaji yang saya dapat di bulan februari 2017 mencapa enam ratus dollar berkisar delapan jutaan.

YouTube pada tahun itu tidak seketat sekarang. Akun yang bahkan tidak memiliki views Dan subscribe pun bisa langsung di Monetisasi dengan Adsense. Saya tidak menyianyiakan kesempatan seperti ini. Karna belum tentu saya diterima kerja di manapun. Uang dari Adsense saya gunakan untuk mengikuti seminar atau kursus. Kursus pertama yang saya ikuti adalah kursus blog dan adsense yang biayanya sekitar 12 juta. Karna dari awal saya nggak punya apa apa jadi saya tidak merasa kehilangan apa apa. Setidaknya saya mendapat tambahan ilmu yang berguna.

Semakin saya belajar semakin saya sadar bahwa saya nggak bisa apa apa. Saya nggak bisa menghasilkan apa apa dari tulisan saya. Untuk itu saya meminta bantuan pada orang orang yang suka menulis untuk mengisi konten di blog yang saya buat dengan pembagian hasil 80 - 20. Saya dapat dua puluh persen. Pendapatan perbulan berkisar dua puluh jutaan. Saya mendapat bagian 20 persen atau sekitar 4 - 10 jt perbulan. Yang saya dapatkan hanya habis untuk biaya operasional sehingga saya mesti kerja menawarkan jasa pembuatan website dan ojek online.


1 komentar


EmoticonEmoticon