Rabu, 29 April 2020

Cara menjadi penulis profesional

Cara menjadi penulis profesional. Menjadi penulis merupakan sebuah cita cita bagi sebagian Milenial. Ada yang suka menulis sehingga hatinya terpacu menggerakkan otak dan tangannya untuk menulis dan ketagihan menulis secara alami. Ada juga yang belajar menulis karna ingin terkenal dan kaya raya. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk sukses menjadi penulis.

Menjadi penulis

Setiap penulis memiliki kebutuhan yang sama dari segi keilmuan penulisan. Seorang yang tak sekolah pun memiliki peluang yang sama untuk sukses menjadi penulis profesional jika mempelajari ilmunya dengan benar. Seringnya menulis akan mempengaruhi tingkat keahlian kita dalam menulis.

Artikel ini membahas bagaimana cara menjadi penulis profesional dalam jangka waktu. Untuk artikel bagaimana cara menulis buku, artikel, cerpen, novel dan karya sastra, kami sediakan dalam artikel terpisah.

Motivasi menulis


  • Sebagai pemuas hasrat . Seorang yang suka menulis akan merasa senang jika menghabiskan waktunya untuk menulis. Apapun ilmu yang di tulis akan terasa sangat menyenangkan.
  • Mendapat banyak uang. Ada banyak orang yang terpaksa menekuni dunia penulisan untuk mendapat banyak uang. Meski awalnya tidak suka menulis, namun tetap menulis untuk mencari nafkah.
  • Mencerdaskan bangsa. Melalui tulisan tulisan ilmiah kita bisa berbagi kepada generasi penerus tanpa harus bertatap muka, mereka bisa belajar melalui tulisanmu sehingga kamu terasa berjasa bagi mereka.
  • Sebagai sarana berkarya. Karya tulis yang dinikmati banyak orang bisa meningkatkan popularitas penulisnya. Banyak orang ingin populer sehingga termotivasi untuk terus menulis supaya menjadi penulis terkenal. 
  • Sebagai amal jariah. Ini adalah motivasi tertinggi bagi saya. Dengan tulisan kamu bisa mengajak orang lain untuk berbuat baik. Orang yang mengajak berbuat baik akan mendapatkan ganjaran seperti orang yang di ajak. Saat kita sudah meninggal dunia, tulisan kita masih terus mengalirkan amal jariah. Inilah yang di sebut dengan ilmu yang bermanfaat.

Mungkin ada beberapa hal lain yang bisa memotivasi kamu untuk menulis. Meski di atas hanya saya sebutkan beberapa 😁

Kita akan masuk ke pembahasan cara menjadi penulis profesional. Berikut ulasanya :

#01. Berdoa dan perkuat keyakinan


Doa merupakan aspek penting dalam setiap usaha yang kita perjuangkan. Termasuk keinginan kita menjadi penulis profesional, sebaiknya kita awali dengan doa dan harapan agar usaha yang akan kita lakukan berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang manis. Tanpa berdoa, akan ada kemungkinan tumbuh bibit bibit kesombongan di dada kita yang kelak bisa mencelakai diri sendiri.

Selain itu kita harus yakin bisa menjadi penulis profesional. Keyakinan kita sangat berpengaruh dalam proses perjuangan menjadi penulis. Sebaiknya kita memotivasi diri secara rutin agar semangat dalam berusaha. Misalnya, kita bisa memberi hadiah pada diri sendiri setelah menyelesaikan sebuah tulisan. Hadiah yang sederhana seperti makanan kesukaan, minuman, Snack dan sebagainya. Tidak harus mahal, yang terpenting adalah rutin.

Memperkuat tekad juga bisa di lakukan dengan mengingat mimpi mimpi indah kita. Perlu di ingat, kita tidak boleh mengandai andai telah menjadi penulis sukses. Tapi kita perlu berjuang dan berlatih setiap hari. Proses menuju kesuksesan tidak berjalan dengan cepat, kita mesti di hadapkan dengan keadaan yang sulit di tengah jalan. Tugasmu adalah memelihara semangat dalam jiwamu sesulit apapun keadaanya. Bahkan kamu juga harus antisipasi setiap keadaan sulit seperti wabah virus covid 19 dan virus kemalasan.

Motivasi terbaik untuk menjadi penulis adalah kamu suka menulis. Rasa suka akan memberikan kesenangan dan kecanduan. Saat kamu kecanduan menulis kamu akan menulis setiap saat, hal tersebut memungkinkan untuk menaikan tingkat keahlian menulismu.

Tanpa rasa suka kamu tidak punya energi untuk berjuang, tanpa energi kamu tak bisa menulis apa apa.

So, kita mesti suka nulis dulu biar semangat nulis. Semakin sering kita nulis semakin kuat keyakinan kita untuk bisa menjadi penulis profesional.

Yang menjadi penyebab kuatnya tekad kedua adalah kebutuhan pribadi seperti uang dan makanan.

Penulis profesional mendapatkan penghasilan yang melimpah dari pekerjaannya. Mungkin itu bisa memotivasi kita untuk terus menulis. Dengan menjadi penulis profesional mungkin kebutuhan mu akan selalu terpenuhi.

Saya berharap kamu bisa menjadi penulis sukses. Selalu samangat menjalani proses.

Ingat, hari ini kamu mungkin sangat bersemangat, tapi siapa sangka besok pagi kamu akan loyo, melempem, dan sebagainya. Kamu juga perlu merawat semangatmu setiap hari.

#02. Menulis


Menulis saya nomor duakan setelah doa. Karna menulis adalah bagian terpenting jika kamu ingin menjadi penulis. Lalu apa yang di tulis? Mulai dengan menulis apa saja yang ingin kamu tulis. Mulai dari hal hal sederhana.

Penulis adalah orang yang menulis

Penulis itu kerjaanya ya nulis.

Penulis itu nulis.

Paham nggak?.

Dengan menulis kamu sudah menjadi penulis. Tidak peduli tulisanmu sempurna atau tidak kamu sudah menjadi penulis semenjak nulis. Meski tidak di akui sebagai penulis setidaknya kamu sudah menulis dan menjadi penulis.

Penulis itu suatu keahlian yang ada tingkatanya. Jika kamu nggak mulai nulis, kamu nggak akan jadi penulis profesional. Keahlian menulis bisa meningkat seiring berjalanya waktu.

Lalu apa yang harus di tulis? Sementara tidak ada yang bisa di tulis, semakin mikir semakin bingung?

Eiitttttss.....,,,,

Ingat perkataan itu doa, kamu tidak perlu bingung mau nulis apa. Mulai dari yang sederhana. Misal

Apa yang kamu rasakan saat ini. Kamu bisa menjelaskan perasaan kamu.

Atau cerita kegiatan  setelahbangun pagi.

Atau cerita perjalanan pulang sekolah/kerja.

Atau menulis puisi seadanya.

Atau menulis cerpen fiktif.

Atau menulis novel.

Atau menulis kisah hidupmu.

Atau menulis pelajaran yang dapat kamu ambil dari sebuah peristiwa.

Atau menulis perkataan temanmu.

Atau menulis materi yang di sampaikan oleh seorang ahli.

Atau menulis buku panduan.

Atau menulis berita di sekitarmu.

Atau menulis artikel yang bermanfaat bagi sesama.

Atau menulis apa lagi? Mulai sejak sekarang. Tak perlu sempurna, tulis dulu saja. Mulai dari yang kamu bisa lalu belajar lagi lebih banyak.

Jika kamu masih bingung mau menulis apa? Kamu juga bisa menulis apa yang baru saja kamu pelajari

Menulis itu menyenangkan

Apapun yang kamu tulis akan membuat hatimu senang. Tetap menulis meski kamu nggak percaya diri dengan tulisan mu. Percayalah bahwa tulisanmu itu keren. Meski yang bilang cuma dirimu sendiri. Kamu harus merasa berharga di hadapan diri sendiri meski tak di hargai orang lain.

Mulai nulis yuk! Sekarang! Gausah di lanjutin bacanya juga gapapa.

Lanjut.,

#03. Pelajari segala bentuk karya tulis


Untuk mencapai level penulis profesional kita perlu tau berbagai macam karya tulis. Bukan hanya istilahnya tapi juga isi isi karya tulis. Cara terbaik untuk mengerti dan merasakan karya karya tulis adalah dengan membaca buku karya penulis yang sudah di terbitkan.

Buku yang mesti kamu baca bukan buku soal cara menulis atau buku buku panduan bahasa, tapi buku karya tulis sendiri seperti novel, buku puisi, buku pengetahuan umum, buku sejarah, dan apapun itu bukunya asalkan ada tulisanya. Dengan sering membaca kamu punya refrensi tulisan apa yang bisa di buat.

Biasanya karya tulis berbentuk :


  • Buku : Novel fiksi, buku panduan, buku pengetahuan umum, dan sejenisnya. Sebagian buku memuat puisi, pantun, quotes yang di sisipkan di tengah pembahasan. Kamu bisa baca buku di perpustakaan jika tidak punya biaya untuk membeli.
  • Puisi : Puisi bisa di muat di majalah, buku puisi, mading, blog, koran, beberapa media online. Puisi biasanya berisi bait bait yang menyentuh hati pembaca, kadang sulit di mengerti tapi tetap bisa di nikmati. Kamu bisa pelajari lebih lanjut soal puisi dengan membaca banyak puisi dan mulai menulis sendiri.
  • Pantun : Pantun bisa di muat di buku pantun, koran, media online dan sejenisnya. Pantun memiliki daya tarik tersendiri dan sangat di nikmatk pecinta pantun. Kamu bisa belajar pantun dari buku bahasa Indonesia bersama guru atau seniman pegiat pantun.
  • Artikel : Artikel biasa di muat di koran, majalah, media online dan sejenisnya. Artikel biasanya berisi tentang berita, pengetahuan umum, serta tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Artikel biasa ditulis dengan teks tertentu.
  • Cerpen : cerita pendek terdiri dari cerita fiksi dan non fiksi biasa di muat di majalah, koran atau buku kumpulan cerpen. Cerpen memiliki cukup banyak penggemar karna bisa di jadikan bahan untuk bercerita bersama teman atau adik.
  • Karya tulis baru : dalam sejarah manusia selalu berkembang di bidang ilmu pengetahuan, termasuk karya tulis. Kamu bisa membuat karya tulis baru yang di luar kebiasaan tulisan sebelumnya. Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan akan selalu terjadi
Mungkin masih banyak lagi bentuk karya tulis yang belus saya sebutkan disini yang bisa kamu pelajari di tempat lain.

Note: semakin banyak kamu membaca, akan semakin banyak pengalamanmu dalam merasakan karya tulis. Pengalaman tersebut akan sangat membantu memudahkanmu dalam memulai sebuah tulisan.

Jadi yang saya maksud dari mempelajari berbagai bentuk karya tulis adalah memperbanyak membaca karya tulis itu sendiri.

Selain itu kamu perlu belajar cara membuat karya tulis tersebut. Mulai dari aturan penulisanya sampai pemilihan kata yang enak di baca.

Setelah belajar, jangan lupa langsung di praktekkan.

#04. Pelajari penggunaan tanda baca

Dalam penulisan bebas seperti buku harian, catatan pribadi dan sejenisnya kita tidak perlu menggunakan tanda baca yang formal. Berbeda dengan tulisan di media seperti majalah, koran, web berita dan sejenisnya kamu perlu menguasai penggunaan tanda baca dengan benar sebagai bentuk komunikasi yang profesional.

Saat kita berbicara dengan publik sebaiknya kita memakai bahasa publik yang bisa di mengerti bersama seperti penggunaan tanda baca yang seragam sesuai aturan bahasa kita.

Penggunaan tanda baca sangatlah mudah, apalagi jika kamu sudah pernah duduk di bangku sekolah dasar pasti sudah di ajarkan dalam pelajaran bahasa Indonesia 😁 . Jika belum paham kamu bisa pelajari secara otodidak di sini ;

Penggunaan tanda baca yang benar.

Penggunaan tanda baca membantu memudahkan pembaca untuk memahami sebuah tulisan. Tulisanmu akan mudah di terima banyak orang jika menggunakan tanda baca yang benar.

#05. Menulis, ulangi menulis terus menerus

Manusia boleh memiliki keinginan untuk menjadi penulis dan mengatakan pada dunia bahwa dia akan menjadi penulis yang hebat, namun semua itu akan sia sia dan hanya menjadi omong kosong jika tidak dimulai dengan tindakan atau berhenti di tengah jalan.

Repetisi menulis memiliki pengaruh yang besar terhadap karir kita di bidang penulisan. Semakin banyak kamu menulis semakin berpeluang untuk sukses menjadi penulis.

Fokus menulis satu bentuk karya tulis, ulangi sampai 1000 kali atau lebih

Orang yang terus mengulangi suatu pekerjaan akan menjadi expert atau ahlinya ahli. Seorang ahli akan lebih efisien dalam bekerja dan memiliki efektivitas yang tinggi.

Seperti pernyataan Bruce Lee :

" Saya lebih takut dengan orang yang melakukan 1 jurus sebanyak 1000 kali di bading yang melakukan 1000 jurus hanya 1 kali "

Pahamkan? Di bidang apapun orang yang terbiasa akan mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Sedangkan orang yang belum terbiasa akan kesulitan, bingung, dan akan begitu terus jika tidak pernah mau bertindak. Maka kuncinya adalah terus latihan.


7 komentar

  1. Saya pengen gabung jadi penulis kreatif. Apa yang harus saya lakukan sementara saya belum bisa apa apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak 😁 Langsung join aja،kalo Punya keinginan kuat pasti bisa

      Hapus
  2. Gue emang udah suka nulis dari dulu... Jangankan bisa dapet uang, tulisan gue bisa di muat di media ternama aja udah seneng banget. Gapernah mikir uang. Cuma mikir bahagia aja

    BalasHapus
  3. Memang bennner!! Harus menulis dan tetep menulis

    BalasHapus
  4. Akhirnya gue tersesat di tulisan yang bagus... Verrsi terbaik dari semua yg gue baca

    BalasHapus


EmoticonEmoticon