Sabtu, 25 April 2020

Cara menjadi penghafal Al-Qur'an



Hafidz merupakan sebutan untuk orang yang sudah menghafal Al-Qur'an. Sebagai seorang muslim menjadi Hafidz adalah hal yang layak untuk di perjuangkan. Ada yang punya keinginan untuk menghafal Al-Qur'an tapi sudah menyerah sebelum mulai, ada yang menyerah di perjalanan dan ada juga yang sudah sampai tujuan lalu melupakanya, ada yang sukses dan menjaganya sampai akhir hayat.

Menghafal Al-Qur'an
Cara menghafal Al-Qur'an

Dalam Artikel ini saya mengajak diri sendiri dan pembaca untuk berusaha menghafal dan menjaga Al Qur'an. Yang belum hafal mulai menghafal, dan yang sudah punya supaya di jaga baik baik agar tidak hilang.

Sebagai motivasi, bahwa memiliki hafalan Al Qur'an membuat hati menjadi tenang. Kita bisa membacanya kapan saja tanpa harus membawa mushaf / lembaran Al Qur'an karna sudah ada di ingatan kita. Dengan membaca Al-Qur'an kita bisa dijauhkan dari marabahaya dan di jauhkan dari gangguan jin jahat.

Sebelum masuk ke metode menghafal Al-Qur'an sebaiknya kita memperhatikan faktor yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam menghafalkan Al-Qur'an agar kita bisa menhafalnya dengan baik. Ada tiga hal yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam menghafalkan Al-Qur'an:

1. Keinginan yang kuat
2. Kekuatan, sehat fisik dan mental
3. Harta yang cukup

# keinginan yang kuat


Dengan keinginan yang kuat kamu akan dengan senang hati meluangkan waktu untuk menghafal Al-Qur'an. Tanpa keinginan untuk menghafal Al-Qur'an maka kamu akan tergoda dengan hal hal lain yang menarik.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keinginan kita untuk menghafal Al Qur'an, faktor penting yang mempengaruhi kita adalah seberapa sering duduk di majelis ilmu yang membahas soal Al Qur'an. Hal tersebut akan membuat kita semakin jatuh cinta kepada Al Qur'an. Sehingga keinginan untuk menghafal Al-Qur'an akan muncul secara alami. Kamu bisa pelajari lebih soal keutamaan Al Qur'an.

Tentu saja ada faktor yang melunturkan leinginan kita sehingga bisa berhenti di tengah jalan, bahkan menyerah sebelum memulai. Melakukan maksiat merupakan faktor utama yang melunturkan keinginan kita untuk menghafal Al-Qur'an.

# kekuatan, sehat fisik dan mental


Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Terkadang kita di beri kekuatan tapi tidak mau memanfaatkanya dengan baik. Gaya hidup sehat sangat penting bagi para pejuang Al Qur'an. Tanpa kesehatan fisik dan mental akan sulit untuk menghafal Al-Qur'an.

# Harta yang cukup


Harta juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam perjalanan menghafal Al-Qur'an. Mau tidak mau kita harus makan setiap hari, atau kamu tidak punya daya untuk menghafal Al-Qur'an. Sebagai menusia kita memiliki kebutuhan sehari hari untuk bertahan hidup dan menjaga kesehatan. Maka kita perlu perhatikan ketersediaan harta kita selama menghafal Al-Qur'an.